REVIEW BEBERAPA PERUSAHAAN IT YANG INOVASINYA MEMBERIKAN PENGARUH SIGNIFIKAN
Latar Belakang
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.
Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. Oleh karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan bagaimana e-commerce tersebut.
Beberapa Contoh Perusahaan E-Commerce yang populer di Indonesia:
1. Tokopedia
Tokopedia merupakan salah satu situs marketplace terbesar di Indonesia yang tentunya sudah dikenal masyarakat luas. Awal mula Tokopedia dimulai pada tanggal 17 Agustus 2009, tahun dimana situs ini diluncurkan oleh founder nya yaitu William Tanuwidjaya ( Saat ini beliau menjabat sebagai CEO PT Tokopedia) tep
at dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.
Tokopedia menyediakan berbagai kebutuhan mulai dari pakaian, peralatan elektronik, perlengkapan rumah tangga hingga makanan, ada total 26 kategori produk yang bisa di jelajahi. Tokopedia sendiri pernah meraih peringkat pertama dengan pengguna aktif terbanyak setiap bulannya pada kuartal kedua tahun 2019
Kelebihan Tokopedia
1. Tampilan antar muka ( User Interface)
Tampilan antarmuka tokopedia lebih bersih,elegan,simple dan memberikan experience yang berbeda
2. Fitur yang cukup lengkap
Tokopedia menyediakan fitur yang cukup lengkap,salah satunya fitur dropshipper yang biasa digunakan para pebisnis online pemula
3. Reputasi
Selain itu, untuk review produknya juga jelas terperinci, setiap produk di Tokopedia memiliki nilai review-nya masing-masing. Dan hasil feedback yang di dapatkan dari buyer tidak bisa dirubah alias terkunci. Jadi bagus atau jeleknya pelayanan seller di Tokopedia akan lebih transparan (tidak bisa dimanipulasi)
4. Waktu Loading
Waktu loadingnya pun tergoling singkat, terutama saat mengakses laman-laman toko untuk mencermati produk-produk yang dijualnya.
Kekurangan Tokopedia
1. Error/ Maintenance
Aplikasi maupun website Tokopedia kerap mengalami error atau down server ( Maintenance)
2. Error Pasca Maintenance
Error pasca maintenance, efeknya bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan yang bermacam - macam
3. Kurang Optimal
Peluang barang lebih banyak laku pada member Gold Merchant masih tidak optimal.
Hanya memberikan kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari member biasa.
2. Bukalapak
Awal mula Bukalapak dimulai pada tahun 2010 yang didirikan oleh Achmad Zaky. Pada awal tahun 2010 saja, orang yang bergabung di Bukalapak sudah mencapai 10.000. Situs Bukalapak resmi berdiri dengan tujuan memberdayakan usaha kecil serta menengah yang ada di Indonesia. Situs ini memberi wadah bagi UKM yang ingin berjualan serta menemukan pembeli dari produk yang mereka buat.
Pembentukan Bukalapak memiliki misi yang mulia yakni menaikkan kelas UKM dalam negeri. Menurut Bukalapak, Usaha Kecil Menengah memiliki peran utama dalam aktivitas ekonomi negeri. UKM
juga memberi kesempatan kerja bagi rakyat Indonesia. Bukalapak berkantor di kawasan Kemang
Timur – Pejaten. Adapun kantor customer relationnya berada di Plaza 88 yang terletak di kawasan Kemang Bangka.
Comments
Post a Comment