REVIEW BEBERAPA PERUSAHAAN IT YANG INOVASINYA MEMBERIKAN PENGARUH SIGNIFIKAN


 REVIEW BEBERAPA PERUSAHAAN IT YANG INOVASINYA MEMBERIKAN PENGARUH SIGNIFIKAN




Latar Belakang

Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.


Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. Oleh karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan bagaimana e-commerce tersebut.


Beberapa Contoh Perusahaan E-Commerce yang populer di Indonesia:

1. Tokopedia 


                                       




Tokopedia merupakan salah satu situs marketplace terbesar di Indonesia yang tentunya sudah dikenal masyarakat luas. Awal mula Tokopedia dimulai pada tanggal 17 Agustus 2009, tahun dimana situs ini diluncurkan oleh founder nya yaitu William Tanuwidjaya ( Saat ini beliau menjabat sebagai CEO PT Tokopedia) tep
at dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.
Tokopedia menyediakan berbagai kebutuhan mulai dari pakaian, peralatan elektronik, perlengkapan rumah tangga hingga makanan, ada total 26 kategori produk yang bisa di jelajahi. Tokopedia sendiri pernah meraih peringkat pertama dengan pengguna aktif terbanyak setiap bulannya pada kuartal kedua tahun 2019


Kelebihan Tokopedia

1.  Tampilan antar muka ( User Interface)

Tampilan antarmuka tokopedia lebih bersih,elegan,simple dan memberikan experience yang berbeda

2.   Fitur yang cukup lengkap

  Tokopedia menyediakan fitur yang cukup lengkap,salah satunya fitur dropshipper yang biasa digunakan para pebisnis online pemula

3.   Reputasi 

Selain itu, untuk review produknya juga jelas terperinci, setiap produk di Tokopedia memiliki nilai review-nya masing-masing. Dan hasil feedback yang di dapatkan dari buyer tidak bisa dirubah alias terkunci. Jadi bagus atau jeleknya pelayanan seller di Tokopedia akan lebih transparan (tidak bisa dimanipulasi)

4.  Waktu Loading

Waktu loadingnya pun tergoling singkat, terutama saat mengakses laman-laman toko untuk mencermati produk-produk yang dijualnya.


Kekurangan Tokopedia

1. Error/ Maintenance 

Aplikasi maupun website Tokopedia kerap mengalami error atau down server ( Maintenance)

2. Error Pasca Maintenance

Error pasca maintenance, efeknya bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan yang bermacam - macam

3. Kurang Optimal

Peluang barang lebih banyak laku pada member Gold Merchant masih tidak optimal. 

Hanya memberikan kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari member biasa.

 

2. Bukalapak



Awal mula Bukalapak dimulai pada tahun 2010 yang didirikan oleh Achmad Zaky. Pada awal tahun 2010 saja, orang yang bergabung di Bukalapak sudah mencapai 10.000. Situs Bukalapak resmi berdiri dengan tujuan memberdayakan usaha kecil serta menengah yang ada di Indonesia. Situs ini memberi wadah bagi UKM yang ingin berjualan serta menemukan pembeli dari produk yang mereka buat.
Pembentukan Bukalapak memiliki misi yang mulia yakni menaikkan kelas UKM dalam negeri. Menurut Bukalapak, Usaha Kecil Menengah memiliki peran utama dalam aktivitas ekonomi negeri. UKM 
juga memberi kesempatan kerja bagi rakyat Indonesia. Bukalapak berkantor di kawasan Kemang 
Timur – Pejaten. Adapun kantor customer relationnya berada di Plaza 88 yang terletak di kawasan Kemang Bangka.

Kelebihan Bukalapak

1. Fitur nego
Bukalapak terdapat  fitur yang namanya nego. Layaknya pasar sebenarnya, pembeli bisa menawar harga barang yang ingin
dibeli.

2. Beli tanpa daftar
Di Bukalapak, seorang buyer tetap bisa berbelanja barang secara cepat. Jadi di Bukalapak ada fitur “beli tanpa daftar”. Sehingga bagi orang yang belum terbiasa dengan dunia internet akan menjadi agak ribet

3. Pencairan saldo
Bukalapak bisa memproses pencairan dana di waktu kapan pun. Bahkan di hari libur Sabtu-Minggu pun tetap bisa diproses

4. Fitur BukaBantuan
Menurut saya pribadi ini adalah fitur yang paling mencolok untuk Bukalapak, karena Bukalapak menyediakan layanan Customer Service hampir disemua sosial media termasuk Telegram dan Call Center (Telepon).

Kekurangan Bukalapak

1. Tampilan Antarmuka
Tampilan antarmuka dengan warna yang mencolok sehingga kurang nikmat dipandang.

2. Penjual
Banyaknya penjual bodong yang tidak mengirimkan barangnya, tetapi pihak bukalapak tentu saja mengembalikan dana utuh tersebut.

3. Quick Buyer
Adanya fitur quick buyer yang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung




3. Shopee






Shopee di Indonesia dimulai pada bulan Desember tahun 2015. Prestasi marketplace ini adalah keberhasilan promosi yang dalam waktu singkat, pengguna shopee tidak kalah banyak dari para pesaingnya. Tokoh penting di balik sejarah Shopee adalah Chris Feng pendiri dan CEO yang juga merupakan lulusan terbaik dari Universitas Singapura.
Shopee memudahkan para penjual serta pembeli dalam berinteraksi melalui fitur live chatnya. Sarana jual beli ini juga menyediakan banyak produk mulai dari gadget, fashion, kosmetik, elektronik, otomotif dan lain sebagainya.


Kelebihan Shopee

1.Harga
Di platform ini unggul dari segi harga dibanding platform lainnya. Dengan harga yang murah dapat kualitas yang sama dengan platform lain.

2.Fitur yang sangat lengkap
Fitur-fitur di Shopee sangatlah lengkap, mulai dari fitur tawar, dropshipper, hingga paylater.

3.Metode pembayaran beragam
Shopee memiliki beragam metode pembayaran dari yang melalui transfer atm, pembayaran lewat Iindomaret atau Alfamart hingga COD.

4.Biaya Ongkos kirim
Shopee punya program subsidi gratis ongkir, 
sehingga setiap kita belanja di shopee, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, 
mendapatkan subsidi ongkos kirim sebesar 20 ribu rupiah.

Kekurangan Shopee

1. Permasalahan situs
Situs yang sulit di akses pada jam jam tertentu karena banyaknya yang mengakses
2.Penjual
Ada beberapa penjual yang tidak jujur sehingga merugikan pihak pembeli dan shopee.
3.Tampilan antarmuka
Warna yang cukup mencolok serta tampilan yang monoton cukup rumit membuat Shopee kurang nikmat untuk di pandang.



Comments