NAMA : RADEN AZHAR FADHLUR
NPM : 15119133
KELAS : 2KA15
Tugas Inovasi SI & New Technology
Minggu 13
Rangkuman e-Book Media saat ini(Media
Now)
MEDIA DAN BUDAYA
Media baru dapat
menempatkan kita semua pada belas kasihan «baron perampok digital» seperti
Steve Jobs dari Apple yang memerintah mereka untuk memperkaya diri sendiri atas
biaya kita. Dominasi mereka mengurangi keragaman konten dan meningkatkan biaya
informasi. Misalnya, Apple mempertahankan kendali atas aplikasi yang diizinkan
di iPhone-nya. Aplikasi inovatif yang dikembangkan oleh wirausahawan yang dapat
menghemat uang konsumen untuk musik dan biaya telepon, tetapi hal itu akan
mengurangi keuntungan dari iTunes Apple atau dari bisnis telepon seluler yang
dioperasikan oleh mitra mereka AT&T, tidak diperbolehkan. Sementara itu,
kepentingan media lama seperti Disney dan Time Warner menuntut layanan berbagi
file peer-to-peer seperti di Internet
LimeWire untuk
melindungi hak milik mereka.
Akses internet
antara kulit putih dan minoritas, kaya dan miskin. Seiring Internet tumbuh
menjadi sumber penting pekerjaan, pendidikan, dan partisipasi politik,
kesenjangan digital tersebut dapat diterjemahkan ke dalam pembagian kelas yang
melebar dan pergolakan sosial. Kesempatan yang sama dalam ekonomi informasi
sudah tertinggal baik bagi kaum minoritas maupun perempuan, yang kurang
terwakili di posisi yang paling terlihat dan paling kuat di media. Dan meskipun
kesenjangan dalam akses Internet untuk wanita telah tertutup, wanita masih
dikecualikan dari budaya komputer yang didominasi pria, yang menyangkal akses
mereka ke karir yang paling kuat dan bermanfaat di masyarakat informasi.
Masalahnya global. Bangsa-bangsa di dunia terbagi antara mereka yang memiliki
akses ke teknologi komunikasi canggih dan mereka yang tidak.
Internet. Blog
mengangkat masalah yang diabaikan oleh pers arus utama. Komunitas Internet yang
beragam dan hidup dapat berkontribusi pada fragmentasi budaya dan kekuasaan —
bagi banyak orang, identitas ditentukan oleh komunitas Internet tempat kita
berpartisipasi serta oleh negara tempat kita tinggal atau warna kulit,
karakteristik kita yang tidak terlihat di Internet.
MENGUBAH
MEDIA DI SELURUH SEJARAH
Meskipun
perubahan dalam media, dan perubahan dalam masyarakat yang menyertainya,
terkadang tampak sangat baru dan berbeda, media dan masyarakat selalu
beradaptasi satu sama lain.
MASYARAKAT
PERTANIAN
Pada peradaban
awal, literasi hanya umum di kalangan pendeta dan kelas atas. Dalam beberapa
budaya, literasi sengaja dibatasi, karena kelas penguasa ingin membuat massa
tidak tahu apa-apa dan menjauhi ide-ide baru. Dengan sebagian besar penduduk
yang masih buta huruf, kurir yang ahli dalam menghafal pesan lisan yang panjang
adalah spesialis komunikasi yang berharga.
MASYARAKAT
INDUSTRI
Campbell
mencetak surat kabar Amerika pertama yang layak, Boston News-Letter. Dalam arti
tertentu, Revolusi Industri memperluas metode Gutenberg untuk pembuatan tidak
hanya kertas koran, tetapi hampir semua jenis barang. Produksi industri
berpusat di kota-kota besar, memicu migrasi massal dari daerah pedesaan ke kota
dan dari pekerjaan pertanian ke manufaktur. Segera, metode industri produksi
massal diterapkan untuk mempercepat proses pencetakan surat kabar dan majalah
dan untuk menciptakan teknologi komunikasi yang lebih baru untuk penduduk
perkotaan.
Film, radio, dan
televisi, serta surat kabar dan majalah, adalah media karakteristik masyarakat
industri.
MASYARAKAT
INFORMASI
Ketika Amerika
Serikat masih merupakan masyarakat agraris, hanya sekitar 10 persen populasinya
yang dipekerjakan sebagai pekerja informasi. Titik di mana pekerjaan informasi
mulai mendominasi tenaga kerja menandai transisi ke masyarakat informasi. Evolusi
media dalam masyarakat informasi dapat ditandai dengan titik-titik di mana
berbagai media pertama kali mengadopsi teknologi digital dan titik di mana
media tersebut menjadi saluran produksi dan distribusi digital yang lengkap dan
menyeluruh. Saat ini, percakapan telepon diubah ke bentuk digital di handset
ponsel Anda dan berjalan sebagai data komputer di seluruh jaringan telepon.
IPhone Apple
mengarahkan kita ke arah penggunaan ponsel untuk semua hiburan musik dan video
kita. Media cetak. Digitalisasi pertama kali menghantam ruang produksi media
cetak pada akhir 1960-an. Sekarang hanya dalam proses pencetakan terakhir kata
dan gambar diubah dari kode komputer ke gambar cetakan analog.
Di Hollywood,
pergerakan komputer dimulai dengan efek khusus untuk Star Wars pada tahun 1974.
Sekarang sebagian besar pengeditan film dilakukan di komputer dan kamera
digital 35-mm digunakan secara luas. Di rumah, cakram video digital definisi
tinggi Blu-ray membuat video rumah serba digital dari studio hingga konsumen.
Video game.
Video game sudah
digital sejak awal. Konsol video game terbaru menampilkan grafik berkualitas
tinggi sehingga dapat dianggap sebagai film interaktif. Rekaman compact disc
digital pertama mencapai konsumen pada tahun 1982. Cable menggunakan digital
untuk memenuhi persaingan dari satelit siaran langsung yang mulai memancarkan
ratusan saluran program digital langsung ke antena piringan rumah pada tahun
1995.
Televisi
definisi tinggi, yang menggunakan format digital untuk mengirimkan gambar yang
lebih luas dan lebih jelas, menggantikan televisi konvensional sepenuhnya pada
tahun 2009. Radio generasi berikutnya, penyiaran audio digital, mengudara pada
tahun 2004 untuk bersaing dengan layanan radio satelit digital dan dengan audio
streaming di internet. Memang, karyawan surat kabar, stasiun radio dan
televisi, serta film dan studio rekaman sekarang dikelompokkan bersama dengan
pekerja telekomunikasi dan pemrogram komputer sebagai bagian dari sektor
informasi ekonomi. Muncul pandangan yang lebih luas dari media yang mencakup
telekomunikasi serta media massa.
Comments
Post a Comment