MEDIA DAN BUDAYA (RANGKUMAN EBOOK) TUGAS INOVASI SI

 

NAMA : RADEN AZHAR FADHLUR

NPM   : 15119133   

KELAS : 2KA15

 

Tugas Inovasi SI & New Technology

Minggu 13

 

 

Rangkuman e-Book Media saat ini(Media Now)

 

MEDIA DAN BUDAYA

Media baru dapat menempatkan kita semua pada belas kasihan «baron perampok digital» seperti Steve Jobs dari Apple yang memerintah mereka untuk memperkaya diri sendiri atas biaya kita. Dominasi mereka mengurangi keragaman konten dan meningkatkan biaya informasi. Misalnya, Apple mempertahankan kendali atas aplikasi yang diizinkan di iPhone-nya. Aplikasi inovatif yang dikembangkan oleh wirausahawan yang dapat menghemat uang konsumen untuk musik dan biaya telepon, tetapi hal itu akan mengurangi keuntungan dari iTunes Apple atau dari bisnis telepon seluler yang dioperasikan oleh mitra mereka AT&T, tidak diperbolehkan. Sementara itu, kepentingan media lama seperti Disney dan Time Warner menuntut layanan berbagi file peer-to-peer seperti di Internet

LimeWire untuk melindungi hak milik mereka.

 

Akses internet antara kulit putih dan minoritas, kaya dan miskin. Seiring Internet tumbuh menjadi sumber penting pekerjaan, pendidikan, dan partisipasi politik, kesenjangan digital tersebut dapat diterjemahkan ke dalam pembagian kelas yang melebar dan pergolakan sosial. Kesempatan yang sama dalam ekonomi informasi sudah tertinggal baik bagi kaum minoritas maupun perempuan, yang kurang terwakili di posisi yang paling terlihat dan paling kuat di media. Dan meskipun kesenjangan dalam akses Internet untuk wanita telah tertutup, wanita masih dikecualikan dari budaya komputer yang didominasi pria, yang menyangkal akses mereka ke karir yang paling kuat dan bermanfaat di masyarakat informasi. Masalahnya global. Bangsa-bangsa di dunia terbagi antara mereka yang memiliki akses ke teknologi komunikasi canggih dan mereka yang tidak.

 

Internet. Blog mengangkat masalah yang diabaikan oleh pers arus utama. Komunitas Internet yang beragam dan hidup dapat berkontribusi pada fragmentasi budaya dan kekuasaan — bagi banyak orang, identitas ditentukan oleh komunitas Internet tempat kita berpartisipasi serta oleh negara tempat kita tinggal atau warna kulit, karakteristik kita yang tidak terlihat di Internet.

MENGUBAH MEDIA DI SELURUH SEJARAH

 

Meskipun perubahan dalam media, dan perubahan dalam masyarakat yang menyertainya, terkadang tampak sangat baru dan berbeda, media dan masyarakat selalu beradaptasi satu sama lain.

 

MASYARAKAT PERTANIAN

 

Pada peradaban awal, literasi hanya umum di kalangan pendeta dan kelas atas. Dalam beberapa budaya, literasi sengaja dibatasi, karena kelas penguasa ingin membuat massa tidak tahu apa-apa dan menjauhi ide-ide baru. Dengan sebagian besar penduduk yang masih buta huruf, kurir yang ahli dalam menghafal pesan lisan yang panjang adalah spesialis komunikasi yang berharga.

 

MASYARAKAT INDUSTRI

 

Campbell mencetak surat kabar Amerika pertama yang layak, Boston News-Letter. Dalam arti tertentu, Revolusi Industri memperluas metode Gutenberg untuk pembuatan tidak hanya kertas koran, tetapi hampir semua jenis barang. Produksi industri berpusat di kota-kota besar, memicu migrasi massal dari daerah pedesaan ke kota dan dari pekerjaan pertanian ke manufaktur. Segera, metode industri produksi massal diterapkan untuk mempercepat proses pencetakan surat kabar dan majalah dan untuk menciptakan teknologi komunikasi yang lebih baru untuk penduduk perkotaan.

 

Film, radio, dan televisi, serta surat kabar dan majalah, adalah media karakteristik masyarakat industri.

 

MASYARAKAT INFORMASI

 

Ketika Amerika Serikat masih merupakan masyarakat agraris, hanya sekitar 10 persen populasinya yang dipekerjakan sebagai pekerja informasi. Titik di mana pekerjaan informasi mulai mendominasi tenaga kerja menandai transisi ke masyarakat informasi. Evolusi media dalam masyarakat informasi dapat ditandai dengan titik-titik di mana berbagai media pertama kali mengadopsi teknologi digital dan titik di mana media tersebut menjadi saluran produksi dan distribusi digital yang lengkap dan menyeluruh. Saat ini, percakapan telepon diubah ke bentuk digital di handset ponsel Anda dan berjalan sebagai data komputer di seluruh jaringan telepon.

 

IPhone Apple mengarahkan kita ke arah penggunaan ponsel untuk semua hiburan musik dan video kita. Media cetak. Digitalisasi pertama kali menghantam ruang produksi media cetak pada akhir 1960-an. Sekarang hanya dalam proses pencetakan terakhir kata dan gambar diubah dari kode komputer ke gambar cetakan analog.

 

Di Hollywood, pergerakan komputer dimulai dengan efek khusus untuk Star Wars pada tahun 1974. Sekarang sebagian besar pengeditan film dilakukan di komputer dan kamera digital 35-mm digunakan secara luas. Di rumah, cakram video digital definisi tinggi Blu-ray membuat video rumah serba digital dari studio hingga konsumen. Video game.

 

Video game sudah digital sejak awal. Konsol video game terbaru menampilkan grafik berkualitas tinggi sehingga dapat dianggap sebagai film interaktif. Rekaman compact disc digital pertama mencapai konsumen pada tahun 1982. Cable menggunakan digital untuk memenuhi persaingan dari satelit siaran langsung yang mulai memancarkan ratusan saluran program digital langsung ke antena piringan rumah pada tahun 1995.

 

Televisi definisi tinggi, yang menggunakan format digital untuk mengirimkan gambar yang lebih luas dan lebih jelas, menggantikan televisi konvensional sepenuhnya pada tahun 2009. Radio generasi berikutnya, penyiaran audio digital, mengudara pada tahun 2004 untuk bersaing dengan layanan radio satelit digital dan dengan audio streaming di internet. Memang, karyawan surat kabar, stasiun radio dan televisi, serta film dan studio rekaman sekarang dikelompokkan bersama dengan pekerja telekomunikasi dan pemrogram komputer sebagai bagian dari sektor informasi ekonomi. Muncul pandangan yang lebih luas dari media yang mencakup telekomunikasi serta media massa.

Comments